• SMA NEGERI 1 TUNJUNGAN
  • INTAN BERLIAN

Makna Idul Adha Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia. 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijah tahun Hijriah.

Idul Adha menjadi sebuah peringatan mengenai kurban, yang menggambarkan keikhlasan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah.  Kurban merupakan kata serapan dari bahasa Arab yang artinya pendekatan. Secara istilah, kurban adalah penyembelihan hewan ternak dalam rangka pendekatan diri kepada Allah. 

Idul Adha kali ini jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Hari Raya Idul Adha harus dimaknai sebagai pesan simbolik yang mengandung pembelajaran. Berikut makna Idul Adha dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: 

  • Meningkatkan takwa

Meningkatkan takwa Pengertian takwa berhubungan dengan ketaatan manusia dengan sang pencipta-Nya dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.  Tingkat ketakwaan seseorang bisa dilihat melalui kepeduliannya terhadap sesama.

  • Menghormati orang tua

Idul Adha menjadi sebuah peristiwa untuk memaknai bagaimana Nabi Ismail patuh dan mendengarkan setiap perkataan Nabi Ibrahim selaku orangtuanya.  Idul Adha dimaknai sebagai konteks untuk taat kepada orang tua dalam berbagai hal selama tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada. Misalnya, membantu dengan ikhlas, menyayangi orangtua, menghormati orangtua, dan lainnya. 

  • Berbagi dengan sesama 

Idul Adha menjadi sebuah peringatan kurban, alangkah baiknya peristiwa ini dimaknai dengan berbagi kepada sesama. Misalnya membagikan daging hasil kurban kepada orang-orang sekitar, terlebih bagi mereka yang tidak mampu.  Sehingga setiap individu bisa merasakan kebahagiaan yang sama, karena saling berbagi. Harapannya, hal ini bisa dilakukan setiap saat, tanpa harus menunggu mperistiwa Hari Raya Idul Adha. 

  • Menjalin silaturahmi dengan orang sekitar 

Hari Raya Idul Adha dimaknai sebagai momen untuk menjalin silaturahmi dengan orang sekitar. Baik berkumpul dengan keluarga maupun orang-orang yang ada di lingkungan sekitar.  Hal ini tentu menjadi sebuah tradisi untuk mempererat hubungan silaturahmi. 

  • Memupuk rasa empati 

Hari Raya Idul Adha juga bisa dimaknai untuk meningkatkan rasa empati dan peduli terhadap sesama. Bagi orang yang mampu, tidak ada salahnya berkurban. Sehingga bisa menyisihkan sebagian harta untuk kebaikan dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Selamat Siswa-Siswa yang Lulus SNBP dan SPAN PTKIN 2024

Sebanyak 11 siswa dari SMAN 1 Tunjungan berhasil meraih prestasi gemilang dengan lulus jalur SNBP dan 3 siswa lulus SPAN PTKIN. Melalui jalur SNBP dan SPAN PTKIN

04/04/2024 08:57 WIB - Administrator
P5 Bangun Jiwa dan Raga

Pada tanggal 1 - 5 April 2024, SMAN 1 Tunjungan menggelar program P5 Bangun Jiwa dan Raga, sebuah inisiatif untuk memperkuat kesehatan mental dan fisik siswa. Acara ini menawarkan seran

02/04/2024 22:10 WIB - Administrator
Kunjungan Pengawas Pada ASAJ 2023/2024

Pada 25 Maret 2024, Drs. Slamet Setya Budi, M.Pd, selaku pengawas di SMAN 1 Tunjungan, melaksanakan kunjungan dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan Asesmen Sekolah Aman dan Jaminan Mutu

02/04/2024 21:54 WIB - Administrator
ASAJ 2023/2024

SMA Negeri 1 Tunjungan menggelar pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang untuk siswa-siswi kelas XII. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret hingga 4 April 2024. Dalam pelak

02/04/2024 21:46 WIB - Administrator
Borong Piala di FLS2N 2024

Para siswa SMA Negeri 1 Tunjungan menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024. Marsyella Meiva Friyanto, siswa kelas XI 3, meraih gelar Juar

14/03/2024 05:23 WIB - Administrator